5 Manfaat Menggunakan PR dan Bagaimana Ini Dapat Membantu Bisnis Anda

Adrian Falk, Founder dari Believe Advertising & PR menguraikan kepada Forbes soal 5 manfaat menggunakan jasa Hubungan Masyarakat, atau yang dikenal juga sebagai PR. Adrian mengutarakan bagaimana cara kerja PR dalam membuat bisnis Anda berkembang lebih pesat. Setiap perusahaan, menurutnya, baik kecil maupun besar, bergantung pada reputasinya untuk sukses. 

Ia menuturkan, PR adalah alat manajemen utama untuk sebuah bisnis dalam membantu mencapai tujuan dan meningkatkan citra, persona, dan kredibilitasnya di hadapan publik. Sayangnya, masih banyak perusahaan yang belum menyadari esensi dan manfaat menggunakan jasa PR sehingga sering mengabaikannya. Banyak perusahaan yang belum memahami bagaimana mengintegrasikan PR ke dalam strategi pemasaran atau marketing, sehingga kemungkinan besar tidak mendapatkan manfaat sepenuhnya. 

Berikut lima cara PR dalam membantu meningkatkan bisnis Anda.

1. Meningkatkan Kredibilitas

Adrian menjelaskan, jika publik telah melihat perusahaan Anda sebagai perusahaan yang jujur dan dapat diandalkan, maka Anda sudah mengalami keuntungan besar yaitu kredibilitas. Ketika Anda berusaha membangun kredibilitas perusahaan Anda, yang diperlukan adalah dorongan oleh opini dan ulasan nyata dari pihak eksternal. Ini memungkinkan dialog yang lebih tulus dengan konsumen, yang dapat membantu brand Anda meningkatkan kredibilitasnya.

2. Opsi Biaya yang Rendah

Hubungan masyarakat adalah pilihan hemat untuk usaha kecil, menengah, maupun besar. Saat menerapkan kampanye PR, Anda terus berupaya membangun kepercayaan dan kredibilitas untuk bisnis Anda tanpa pengeluaran uang yang tinggi. Hubungan masyarakat menggunakan liputan media untuk merangsang brand awareness dan demand akan produk perusahaan Anda. Dengan demikian, Anda dapat mengembangkan jangkauan yang lebih luas untuk bisnis Anda. Karena PR berfokus untuk mendapatkan liputan editorial yang biayanya cenderung lebih murah daripada membayar iklan, ini adalah salah satu teknik pemasaran yang paling hemat biaya. Masih banyak cara hemat biaya lainnya yang dapat Anda gunakan melalui jasa PR seperti keterlibatan Anda sebagai pembicara dalam sebuah acara, penempatan influencer, atau juga pemilihan Key Opinion Leader (KOL) yang tepat. 

3. Membantu dengan SEO

SEO telah menjadi semakin penting karena teknologi terus berkembang di seluruh dunia. PR yang efektif dapat meningkatkan online presence perusahaan Anda dengan menampilkannya di berbagai situs web populer dan platform media lainnya. Ini dapat memperkuat SEO Anda dan membantu bisnis Anda melompat ke bagian atas halaman hasil pencarian. Jasa PR juga mencakup penyesuaikan konten brand Anda untuk mesin telusur, sehingga dapat meningkatkan visibilitas, sehingga meningkatkan juga jumlah orang yang terpapar pesan PR brand Anda. 

4. Memposisikan Brand Anda sebagai Pemimpin Kategori

PR dapat memberikan sentuhan unik dan nilai tambah pada konten dan profile perusahaan Anda. Tujuannya adalah membantu memisahkan perusahaan Anda dari pesaing Anda dengan cara yang positif. Dengan strategi PR, ada dialog dan penjelasan yang diberikan tentang mengapa seseorang harus membeli produk Anda dan mengapa pelanggan potensial harus mempercayai perusahaan atau pendapat Anda. Ini memungkinkan Anda untuk memposisikan diri Anda sebagai ahli di bidang Anda karena Anda akan dapat menunjukkan pengetahuan, pengalaman, dan keterampilan Anda kepada konsumen.

5. PR Memiliki Jangkauan Besar

PR adalah cara yang bagus untuk berkomunikasi dengan target audiens Anda. Salah satu strategi PR yang bisa diterapkan adalah memanfaatkan popularitas internet dan media sosial untuk berkomunikasi dengan audiens yang lebih luas. Bahkan sering kali juga mendapatkan perhatian internasional. PR bisa menjadi cara yang bagus bagi sebuah perusahaan yang ingin menumbuhkan brand awareness, serta pengembangan produk atau layanan Anda.

Adrian menyatakan, “PR membutuhkan pendekatan yang tepat pada waktu yang tepat, tetapi jika dilakukan dengan benar, itu benar-benar dapat membantu bisnis mencapai tujuannya.” Brand Awareness perusahaan Anda akan mengalami peningkatan yang signifikan ketika didukung oleh sumber berita tepercaya. Selain itu, pelanggan yang memiliki citra positif terhadap brand Anda pada akhirnya akan membantu menaikkan penjualan juga, dan itu tentu hal yang baik untuk bisnis Anda.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *